Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Kopi Cethe? dan Cara membuat Kopi Cethe

Apa itu Kopi Cethe? dan Cara membuat Kopi Cethe
Apa itu Kopi Cethe? dan Cara membuat Kopi Cethe

    Apa itu Kopi Cethe? dan Cara membuat Kopi Cethe. Sebagai wilayah yang populer dengan panggilan Seribu Warung Kopi, ngopi di Tulungagung memang jadi sebuah rutinitas untuk warga Kota Marmer itu. Pagi sampai pagi kembali, beberapa orang habiskan waktu di warung kopi. Di situ, mereka tidak sekedar ngopi. Beberapa orang, tua atau muda, melakukan untuk bercakap ngalor ngidul. Tetapi, ada pula yang cuman konsentrasi ke monitor gawai untuk bermain games sekalian meracau, "mati ra kowe, su."

Untuk beberapa orang, ngopi tidak komplet tanpa didampingi rokok. Kopi dan rokok seakan jadi dua substansi tidak dipisahkan. Kerjasama ke-2 nya hasilkan kepuasan tidak ada duanya. Kadang-kadang nyeruput kopi, kadang-kadang kebal-kebul. Tetapi, untuk orang Tulungagung, selainnya ngopi dan ngerokok, ada satu aktivitas harus yang penting dilaksanakan saat ngopi. Namanya nyethe atau ‘membuat cethe'.


Daftar isi

  1. Apa itu Kopi Cethe?
  2. Kegunaan Kopi Cethe/Nyethe
  3. Kopi Terbaik Untuk Membuat Kopi Cethe:
  4. Cara membuat Kopi Cethe

 

Apa itu Kopi Cethe?


Apa itu Kopi Cethe?
Apa itu Kopi Cethe?


    Cethe atau Nyethe ialah adat memoleskan pengendapan kopi ke atas rokok. Kopi untuk membikin cethe umumnya disebutkan dengan kopi cethe/nyethe. Kata céthé diambil dari bahasa Jawa yang maknanya ampas atau pengendapan kopi. Pengendapan ini selanjutnya dapat dioles-oleskan dengan memakai lidi atau tusuk gigi pada tangkai rokok untuk membuat gambar atau hiasan batik. Melukis pada tangkai rokok dengan ampas kopi dipercayai dapat menambahkan kepuasan kopi saat disedot.

    Karena bukan aktivitas yang baru dicetuskan demikian saja, cethe ini ternyata sudah menempel dalam masyarakat terutamanya mereka yang suka nikmati kopi dan rokok. Tidak dikenali dengan cara tepat siapakah yang pertama kalinya mendapati atau membuat aktivitas nyethe ini, yang terang sejak dahulu sampai saat ini ada banyak orang yang melakukan. Nyethe rupanya dilaksanakan dengan beberapa motivasi. Ada yang melukis rokoknya karena inginkan wewangian kopi yang wangi di saat rokok disedot. Ada yang suka dengan yang bernama seni hingga ikhlas habiskan waktu untuk melukis rokok dengan kopi. Tetapi apa saja motivasinya semua masih tetap berpulang pada kepuasan wewangian kopi yang keluar bersama rokok.


Baca juga : 5 Dampak Negatif Minum Kopi Untuk Wanita


Kegunaan Kopi Cethe/Nyethe


Kegunaan Kopi Cethe/Nyethe
 Kegunaan Kopi Cethe/Nyethe


    Kegunaan Kopi Cethe/Nyethe dapat diguanakan untuk melukis. Tidak cuman kanvas yang terakhir jadi media untuk melukis dengan ampas kopi. Rokok bisa juga dijadika media gambar yang rupanya sudah ada semenjak sekian tahun kemarin.Saya sendiri pernah menyaksikan sesatu orang kenalan lakukan nyethe atau aktivitas melukis kopi pada rokok. 

Walau di saat itu yang datang bukan lukisan yang cantik, tetapi timbunan ampas kopi yang berperan untuk keluarkan wewangian nikmat di saat nikmati rokok. Rupanya, cethe ini sudah ada lama, sebagai adat untuk warga di Jawa Timur terutamanya Malang, Gresik, Tulungagung dan sekelilingnya.


Lantas apakah ada persyaratan khusus kopi apa atau rokok apa yang dapat digunakan untuk nyethe?

 Jawabnya tidak ada. Semua tipe rokok menjadi media nyethe baik itu kretek atau filter. Begitupun untuk tipe kopinya. Semua kopi dapat menjadi ‘alat lukis' cethe karena yang dibutuhkan ialah ampas kopinya saja . Maka bila kamu minum kopi tabrak yang berampas (apa saja tipe kopinya baik arabika atau robusta), ampas kopinya dapat menjadi alat untuk melukis rokok.


Baca juga: Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia dan Dunia Tahun 2021


Kopi Terbaik Untuk Membuat Kopi Cethe:


1. Kopi susu

Kopi susu sebagai minuman yang terbagi dalam kombinasi kopi dan susu. Umumnya susu yang dipakai untuk kopi susu ialah susu fresh atau susu kental manis.


2. Kopi Hitam

Kopi hitam, sebagai hasil ektraksi langsung dari perebusan biji kopi yang dihidangkan tanpa tambahan perisa apa saja.


3. Kopi IJO

Kopi Ijo adalah minuman ciri khas dari Tulungagung. Kopi itu disebutkan Kopi Ijo karena kopi itu digiling bersama dengan kacang hijau sampai lembut.


4. Kopi Robusta

Kopi Robusta (nama Latin Coffea canephora atau Coffea robusta) sebagai turunan beberapa spesies kopi, khususnya Coffea canephora. Tipe kopi ini tumbuh baik pada ketinggian 400-700 m dpl, suhu 21-24° C dengan bulan kering 3-4 bulan secara beruntun dan 3-4 kali hujan kiriman. Kualitas buah lebih rendah dari Arabika dan Liberika.


5. Kopi Arabika

Kopi Arabika ialah tipe kopi yang dari daratan tinggi Ethiopia Barat. Mengapa namanya disebutkan Arabika? Menurut suatu sumber, kopi ini diberi nama Arabika karena pada era ketujuh, biji kopi ini dibawa sebuah wilayah daratan rendah di Arab.


Baca juga : Kopi Terbaik Indonesia Yang Tembus Pasar International


Cara membuat Kopi Cethe:


Cara membuat Kopi Cethe
Cara membuat Kopi Cethe



Bukan hanya ampas kopi saja bahan yang dibutuhkan untuk membikin ‘tinta kopi' untuk melukis rokok ini.


  1. Dibutuhkan susu kental manis sebagai adonannya.
  2. Selanjutnya mengambil tersisa ampas kopimu dan tempatkan tisu di atasnnya sampai air pada ampas menyerap.
  3. Kemudian campur dengan susu kental manis supaya adonannya dapat digunakan melukis.
  4. Aduk sampai rata dan siap untuk digunakan.


Kamu dapat membuat bermacam pola di atas rokokmu. Dimulai dari batik sampai pola-motif seperti nama dan gambar manusia. Selamat Coba!.

Posting Komentar untuk "Apa itu Kopi Cethe? dan Cara membuat Kopi Cethe"